Curug Cikondang, Air Terjun Elok dengan Situasi Alami Perdesaan di Cianjur

Curug Cikondang, Air Terjun Elok dengan Situasi Alami Perdesaan di Cianjur

Diposting pada

Curug Cikondang, air terjun elok dengan situasi alami perdesaan di Cianjur. Curug Cikondang adalah tempat wisata alam yang wajib anda datangi jika berlibur datang.

Bukan tanpa ada alasan, seperti air terjun secara umum, anda akan memperoleh banyak keelokan sepanjang bertandang. Saluran airnya cukup deras, suara deru juga kedengar dari terlalu jauh saat menghajar batu-batuan.

Cianjur, di situlah air terjun ini ada dengan semua daya tarik yang dipunyai. Tiap hari selalu ramai pelancong yang tiba, baik karena ingin tahu atau kangen dengan pemandangan alam yang mengagumkan. Wisata hits ini berada di tengah-tengah perdesaan, menjadi jangan bingung bila anda memperoleh situasi asri dari beragam pohon yang tumbuh subur disekitaran wisata Cianjur..

Nama Cikondang sendiri sebetulnya bukan memvisualisasikan polaritas. Nama itu diambil dari salah satunya tipe tanaman yang banyak tumbuh disekitaran wisata. Populer adalah nama alias dari tumbuhan Loa yang mempunyai buah pada bagian tangkai.

Akan tetapi, nama curug cikondang itu cukup sama dengan keadaannya sekarang ini yang populer.

Daya Ambil Wisata Curug Cikondang Cianjur

Air terjun atau Curug Cikondang ini populer karena keelokan alamnya yang menarik dan adalah salah satunya wisata alam yang terkenal di Cianjur, Jawa Barat. Keelokan cuma salah satunya daya magnet yang dipunyai. Disamping itu, ada banyak yang jadikan argumen mengapa pelancong tiba bertandang.

* Keelokan Curug Cikondang

Salah satunya daya magnet dan sebagai khusus ialah keelokan air terjun tersebut. Bila disaksikan dari ukuran, curug ini seperti Niagara yang berada di Amerika. Akan tetapi, ukuran tidak besar bila dibanding yang berada di Negeri Paman Sam itu. Namun lebar sekitaran 30 mtr. cukup buat memperlihatkan keelokan.

Tinggi Curug Cikondang diprediksi capai 50 mtr. dengan debet air yang mengucur cepat. Air terjun ini bukanlah type vertikal sama dalam biasanya. Air mengucur lewat bebatuan tebing yang lebih lebar, formasinya tidak teratur hingga terlihat cantik. Disekelilingnya ada pohon-pohonan yang seakan menaungi dan membuat situasi teduh.

Bahkan juga ada banyak tanaman liar yang tumbuh di bebatuan dengan bunganya yang elok. Keelokan makin prima karena ada undakan sebagai jalan saluran air. Tidak ada kolam seperti curug yang lain anda dapatkan. Saluran air langsung ke arah sungai yang lebarnya sedikit kecil dibanding ukuran air terjun.

* Bebatuan Eksotik

Seperti yang disentil di atas, Curug Cikondang terbatasi oleh bebatuan tebing dengan ketinggian 50 mtr. dan lebar 30 mtr.. Bebatuan ini termasuk daya magnet yang tidak dapat diacuhkan, karena kelihatan demikian eksotik. Kontur batu kelihatan cukup kasar bila disaksikan dari terlalu jauh. Sementara beberapa yang lain tertutup lumut hijau yang tumbuh subur.

Bukan hanya jadi pemisah untuk jalannya saluran air, beragam ukuran batu menyebar disekitaran air terjun. Panorama benar-benar cantik saat derasnya saluran air terbelah oleh batu dari beragam segi. Beberapa batu yang memiliki ukuran besar ada dari sisi air terjun. Pengunjung umumnya memakai batu ini sebagai salah satunya spot photo terbaik.

* Situasi Alami Perdesaan

Sebagian besar air terjun ada di pegunungan, persisnya di perdesaan. Hal ini berlaku untuk Curug Cikondang, tempatnya ada di Dusun Wangunjaya. Situasi alami terasa sangat saat anda berkunjung ojek wisata alam ini. Banyak pohon perdu yang menghijaukan panorama dan mempersejuk penglihatan wisata Cianjur.

Baca juga : Curug Ngebul, Air Terjun Elok dengan Situasi Asri dan Alami di Cianjur

Tidak jauh dari air terjun ada sawah masyarakat yang kelihatan menghampar luas. Terasering juga jadi panorama yang kenal dan selalu datang setiap penglihatan. Kebun yang hijau makin menambah asri dan beri kesegaran. Bukan hanya disekitaran wisata alam, sepanjang perjalanan juga anda akan rasakan situasi alam ciri khas perdesaan.

Macam Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Curug Cikondang

Sepanjang berkunjung air terjun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama Wisata Asia. Curug Cikondang juga begitu, pelancong yang tiba bukan hanya untuk menyaksikan karena ingin tahu saja. Untuk melengkapi berlibur agar makin terkesan, umumnya mereka lakukan beberapa kegiatan ini.

– Memburu Spot Photo

Di jaman tehnologi yang makin mengalami perkembangan sekarang ini, content adalah salah satunya poin utama untuk beberapa orang di Asia Tenggara. Karena cukup cantik dari beragam segi, anda dapat jadikan rekreasi alam ini untuk memburu spot photo. Salah satunya spot yang memikat dan menyengaja disiapkan pengurus yaitu batu besar dengan background air terjun.

– Bermain Air di Sungai Curug Cikondang

Keelokan Curug Cikondang memanglah tidak bisa diacuhkan, tetapi anda tidak harus cuma menikmatinya saja. Tidak ada kelirunya rasakan bagaimana kesegaran air yang mengucur melalui batu-batuan. Silakan main di sungai, yang mana kedalaman cuma hanya mata kaki. Air terjun elok ini tidak mempunyai kolam, menjadi tidak dapat dijadikan berenang.

– Nikmati Panorama Alam

Santai sekalian nikmati panorama alam disekitaran rekreasi ialah poin utama pertama kali yang harus anda kerjakan sepanjang bertandang. Memang berkesan anda tidak lakukan apapun, tetapi kegiatan ini sangatlah baik dari sisi kesehatan. Ditambah, ada beberapa keelokan yang bisa anda tonton, dimulai dari air terjun tersebut dan disekelilingnya.

Baca juga : Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Wisata Alam di Cianjur secara Bermacam Flora dan Fauna

Harga Ticket Masuk Curug Cikondang Cianjur

Dengan semua keelokan yang dipunyai, harga ticket masuk Curug Cikondang termasuk benar-benar murah. Anda perlu mempersiapkan dana sejumlah 5.000 rupiah untuk seseorang. Harga ini belum termasuk ticket masuk, yang mana disamakan kendaraan. Sepeda motor wajib bayar retribusi parkir sejumlah 2.000 rupiah.

Untuk anda yang bawa mobil, karena itu persiapkan tambahan dana 5.000 rupiah. Disekitaran air terjun ada warung yang sediakan beragam menu makanan. Silakan bawa bujet lebih bila anda ingin wisata kulineran. Tempat ini dibuka tiap hari start pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik bertandang yaitu di sore atau pagi hari.

Baca juga : Situs Gunung Padang, Tempat Wisata Kuat Jaman Purba di Cianjur

Alamat dan Langkah Ke arah Lokasi Curug Cikondang

Karena Curug Cikondang ada di perdesaan dengan situasi asri, jarak dari kota tentunya cukup jauh. Jika sekarang ini anda ada di Alun-alun Cianjur, karena itu waktu yang diperlukan sekitaran 1 jam lebih untuk mencapainya. Waktu itu untuk tempuh jarak sekitaran 36 km dengan kecepatan kendaraan rerata.

Walau bisa dilakukan memakai kendaraan umum, tetap dianjurkan bawa kendaraan individu. Argumennya agar lebih mengirit waktu, ingat jaraknya lumayan jauh. Disamping itu, anda dapat semakin irit ongkos sepanjang perjalanan ke arah rekreasi. Meskipun begitu, perjalanan tidak demikian berasa karena selalu didampingi keelokan alam.

Secara administratif, Curug Cikondang ada di Dusun Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari alun-alun, silakan ke arah Jalan KH Hasyim Asyari lebih dulu. Seterusnya ke arah Jalan Pelopor Kemerdekaan sampai datang di Jalan Raya Cibeber. Pakai Alun-alun Cibeber sebagai dasar selanjutnya.

Arah anda selanjutnya ialah SMKN 1 Campaka Cianjur, jarak dengan tujuan lokasi masih sekitaran 7 km kembali. Di titik ini masih kurang papan panduan, menjadi silakan menanyakan pada masyarakat sekitaran yang anda jumpai. Bila perlu, anda dapat memakai program peta digital seperti Google Maps agar perjalanan lebih gampang.

Baca juga : Taman Wisata Alam Sevillage, Tempat Glamping di Cianjur

Sarana Pendukung di Curug Cikondang Cianjur

Curug Cikondang lumayan ramai, tiap hari ada selalu pengunjung yang tiba. Tersebut mengapa masyarakat di tempat dan pengurus membuat sarana untuk kenyamanan pelancong. Pertama ialah tempat parkir yang lega, jaraknya tidak begitu jauh dari air terjun. Sarana lain yaitu toilet, warung, dan ruangan mengganti yang lokasinya ada dari sisi curug yang berada di Asia Tenggara.

Baca juga : Curug Dago, Daya tarik Air Terjun Cantik dengan Tujuan Sejarah di Bandung

Berkunjung sebuah tempat wisata adalah jadwal penting sepanjang berlibur. Wisata alam menjadi satu diantara yang terfavorit antara jumlahnya arah saat liburan. Cianjur mempunyai banyak wisata yang tawarkan daya tarik alam cantik. Misalnya ialah Curug Cikondang dengan semua daya magnet yang dipunyai.[]